Minggu, 10 Februari 2013

Apa Sih USB On The Go (OTG) Itu?


A. Pengertian OTG

USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain. Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru.

sumber:
Wikipedia

Singkat kata, dengan fitur USB On The Go ini, smartphone/tablet Agan bisa melakukan kegiatan layaknya laptop atau PC Desktop. Karena fungsinya, maka pantas bila banyak orang yang lebih merasa "bergengsi" memiliki smartphone murah namun memiliki fitur ini, seperti Sony Xperia Mini daripada memiliki LG Optimus Vu yang mahal namun nihil fitur ini.


B. Jenis-Jenis Smartphone yang Support OTG


Banyak sekali Smartphone yang mendukung fungsi USB On The Go, beberapa di antaranya antara lain:

a. Keluarga Samsung Galaxy: Galaxy SII, Galaxy SIII, Galaxy Note, Galaxy Note II, Galaxy Note 10.1, Galaxy Nexus, dan produk anyar berikutnya
b. Keluarga Samsung Galaxy Tab: Galaxy Tab 7.0 Plus, Galaxy Tab 8.9, Galaxy Tab 10.1, Galaxy Tab2 7.0 Inch, Galaxy Tab2 10.1 Inch, dan produk anyar berikutnya
c. Keluarga Sony Ericsson Experia: Xperia Mini, Xperia Mini Pro, Xperia Neo, Xperia Neo V, Xperia Arc, Xperia Arc S, Xperia Play, Xperia Pro, Xperia Ray, Xperia Active
d. Keluarga Sony Ericsson Walkman: Live With Walkman, dan produk anyar berikutnya
e. Keluarga Sony Xperia: Xperia S, Xperia P, Xperia U, Xperia Sola, Xperia Ion, Xperia Go, Xperia, dan produk anyar berikutnya
f. Keluarga HTC One: HTC One X Series (One X dan One X Plus)
h. Keluarga Huawei Ideos: Ideos S7 Fat/Slim
i. Keluarga Acer Iconia: Iconia A500, A501, A700, A701, A200, A201, dan produk anyar berikutnya
j. Keluarga Ainol: Ainol Aurora II, Ainol Flame/Fire, Ainol Crystal, Ainol Hero, dan produk anyar berikutnya
k. Keluarga Tablet Lokal: Rata-rata produk Advan Vandroid, Pixcom, IMO, Cyrus, dan Tabulet terkini telah mendukung fungsi tersebut.

Beberapa smartphone dengan sistem operasi di luar Android juga mendukung fungsi USB On The Go. Justru dimulai oleh Symbian dari Nokia E6 Enterprise, disusul kemudian juga iOS (iPad Families), namun memiliki perlakuan khusus, yakni keharusan melakukan instalasi aplikasi iFile dari Cydia (tentu melalui Jailbreak yang sangat tidak disarankan), dan bahkan Blackberry Playbook!!!


C. Jenis-jenis Connector USB On The Go


Selain terkait hardware device, fitur USB OTG pada beberapa device juga memerlukan connector tambahan untuk mengkonversi wujud port USB Host ke dalam port propietary masing-masing vendor. Adapun beberapa tablet masa kini telah mendukung penuh port USB Host seperti misalnya Asus Transformer, Acer Iconia A500/A501 Android, dan Tablet Windows 8 terbaru mulai dari Samsung Ativ hingga Asus. Untuk Tablet di bawah 10 inchi dan smartphone, umumnya hanya dibekali port Micro USB dan Mini USB atau port propietary khas vendor mereka, sehingga diperlukan connector tersendiri seperti Micro USB On The Go, Mini USB On The Go, dan OTG untuk port khusus (Galaxy Tab port, iPad Port).

Micro USB OTG

Mini USB OTG

  

Galaxy Tab USB Cable Version dan Kit (USB & Cardreader) All in One Version


iPad Camera Connection Kit



D. Manfaat OTG


Fitur USB On The Go memiliki banyak manfaat. Seperti sebagaimana definisi yang disebutkan di atas, secara standar USB On The Go membantu device untuk melakukan pembacaan dan penulisan data seperti flashdisk, card-reader, isi MP3 Player/smartphone lain (merk tertentu dengan modus mass storage) serta pembacaan/pengenalan HID (Human Interface Devices) seperti mouse, keyboard, serta gamepad.

Selain kemampuan standar sebagaimana disebutkan di atas, kemampuan fitur USB On The Go dikembangkan ke arah produktivitas yang ke depannya akan sangat membantu pengolahan data. Salah satu contoh yang terpopuler adalah penggunaan DSLR Controller. Dengan bantuan software DSLR Controller di smartphone/Tablet Agan, maka smartphone/tablet Agan bisa berfungsi sebagai panel kit bagi DSLR Agan. Ane sudah mencoba dengan menggunakan Samsung Galaxy Tab ane dengan Canon ane. Berjalan sangat baik. Bermanfaat bagi fotografer yang kesulitan melakukan shuttling saat mengarahkan gaya atau mereka yang membutuhkan viewfinder lebih luas dibanding display DSLR. Panel kit semacam ini di toko-toko kamera dapat ditebus seharga tujuh jutaan. Siapa sangka kemampuan semahal itu dapat dijalankan di smartphone/tablet Anda. Selanjutnya silahkan disimak di sini.

Satu lagi manfaat fitur OTG yang sangat penting adalah menjalankan fungsi MODEM! Ya, beberapa vendor tablet asal Tiongkok seringkali kesulitan mencari komponen bagi tablet untuk bisa memiliki fungsi selular namun dapat menjalankan kegiatan selancar data dengan cepat di layar dan kebutuhan energi semacam tablet. Disadari bersama tentu kemampuan riset pengembang dan produsen tablet asal Tiongkok tidak sebaik vendor besar asal Korea ataupun Eropa. Namun vendor Tiongkok tentu tak ambil pusang. Fungsi selular yang dihilangkan digantialihkan dengan kemampuan menggunakan modem optional. Driver Modem USB Host biasanya sudah terinstal dalam kernel Android yang ditanamkan. Contoh device yang jamak ditemui adalah Ainol Aurora II, Ainol Flame/Fire, Ainol Crystal, beberapa tipe IMO Tablet, Cyrus, dan Advan Vandroid dengan standar umum modem bermerk Huawei.

Pengembangan lain adalah kemampuan pembacaan-penulisan media storage Harddisk Eksternal. Namun berbeda dengan flashdisk, Harddisk eksternal membutuhkan lebih banyak daya sementara smartphone/tablet tidak sanggup mensuplai kebutuhan tenaga sebanyak itu. Oleh karena itu diperlukan tambahan daya dari luar. Solusinya adalah penggunaan kabel Y, dimana satu cabang menuju OTG/smartphone, satu cabang menuju Harddisk Eksternal, dan satu menuju sumber power (bisa diakali dengan menggunkana charger kepala USB). Adapun untuk harddisk eksternal merk Seagate biasanya sudah membundle dengan kabel Y. Selanjutnya software yang digunakan adalah StickMount untuk melakukan load data dari harddisk eksternal. Di aplikasi ini akan ditentukan di folder manakah eksternal drive ini akan muncul.


E. Cara Aktivasi Fitur USB On The Go


Beberapa ponsel/smartphone/tablet secara langsung telah memiliki fitur USB On The Go siap pakai. Untuk yang memiliki OS Ice Cream Sandwich ke atas bahkan memiliki kemampuan Plug n Play yang memudahkan. Untuk kemudahan bagi smartphone yang belum melakukan update ke ICS, dapat diakali dengan menggunakan aplikasi gratis ASTRO File Manager karena di dalamnya terdapat panel pintas langsung menuju isi flashdisk yang lumayan menghemat waktu.

Namun sayang beribu sayang, terdapat banyak sekali smartphone/tablet yang secara hardware telah mendukung USB On The Go, namun tidak secara software. Hal ini dimungkinkan karena adanya motif bisnis (penjualan driver USB Host berbayar) hingga ketidaksengajaan semisal lupa including driver USB Host dalam kernel Android dikarenakan tim riset dan lapangan terburu-buru dalam melakukan launching produk.

Beberapa kasus seperti di atas dapat ditemui pada beberapa produk seperti:

Samsung Galaxy Nexus, Semua Sony Ericsson Xperia Mini, Xperia Mini Pro, Xperia Neo, Xperia Neo V, Xperia Arc, Xperia Arc S, Xperia Play, Xperia Pro, Xperia Ray, Xperia Active, HTC Flyer, HTC One X, Huawei Ideos S7 Slim/Fat, Asus Nexus 7, dan lain sebagainya.

Hal ini dapat diantisipasi dengan berbagai cara. Intinya, diperlukan instalasi Driver USB Host dan Loader Data. Beberapa aplikasi ini dapat membantu:

1. Untuk Samsung Galaxy Nexus, Asus Nexus 7, dapat menggunakan aplikasi StickMount. Penjelasannya dapat Anda temukan di www.androidcentral.com.
2. Merk Huawei Ideos dan Sony Ericsson Xperia dapat mencoba aplikasi Q5 USB Manager. Silakan cek www.kupihitam.com.
3. Untuk HTC One X dapat mencoba mengganti ROM dengan CusROM JellyBean yang sudah tertanam driver USB Host di dalamnya (search aja forumnya, Gan).
4. Untuk Sony Ericsson Xperia dapat pula mencoba turorial di www.azizhadi.con.
5. Untuk iOS (iPad Families) silahkan mencoba tutorial di www.iphonetechie.com
6. Untuk Blackberry Playbook silahkan mencoba tutorial disini www.syedsalleh.blogspot.com


F. Hal-Hal Penting yang Harus Diperhatikan


Pastikan format flashdisk dan memory card adalah FAT32. Penggunaan formasi selain FAT32 berisiko device akan "memaksa" format FAT32 yang berakibat pada corrupted data pada flashdisk atau kartu memori, meskipun kejadian ini jarang terjadi

Pada penggunaan kabel Y untu kegiatan baca-tulis Harddisk External, pastikan kabel Y yang digunakan berkualitas baik, mengingat terdapat masukan daya dari sumber listrik luar. Kabel Y abal-abal justru memiliki risiko jumper ataupun short listrik yang berakibat pada kerusakan baik pada harddisk eksternal bahkan kerusakan pada IC power device Anda.

Untuk device yang mendukung fitur USB On The Go namun baru pertama kali terhubung dengan piranti USB On The Go, lakukan restart sekali saja setelah penggunaan pertama tersebut. Karena pada koneksi pertama dengan OTG, driver USB Host aktif, terekstrak, dan terinstal secara otomatis. Melakukan restart (cukup sekali saja) membantu untuk menyempurnakan instalasi dimaksud.

Untuk penggunaan Micro USB On The Go, pastikan untuk menggunakan Connector USB On The Go berbentuk "L" atau siku. Karena port Micro USB tidak sekokoh port Mini USB. Connector dengan port "lurus" biasanya akan mudah goyah dan berakibat flashdisk/kartu memori lepas secara tak sengaja. Hal ini bisa berisiko merusak flashdisk/kartu memori ataupun device Anda sendiri.


G. Mounting dan Unmounting (Ejecting/Safely Removing)


Serupa colok-lepas flashdisk di PC Desktop/Notebook, beberapa ponsel/smartphone/tablet secara langsung telah memiliki fitur USB On The Go siap pakai. Untuk yang memiliki OS Ice Cream Sandwich ke atas bahkan memiliki kemampuan Plug n Play yang memudahkan. Untuk kemudahan bagi smartphone yang belum melakukan update ke ICS, dapat diakali dengan menggunakan aplikasi Astro Explorer karena di dalamnya terdapat panel pintas langsung menuju isi flashdisk yang lumayan menghemat waktu.

Untuk melakukan Unmounting/Ejecting/Safely Removing, bisa dilaukan dengan masuk ke menu:
Setting > Storage > USB Disk > Unmount

Untuk yang memiliki OS Ice Cream Sandwich ke atas dapat dilakukan dengan men-tap logo USB Connection yang terdapat di Panel Notifikasi dalam Desktop


H. Harga Mahal Tak Selalu Support OTG


Seperti telah disinggung sebelumnya, tidak semua smartphone/tablet memiliki kompatibilitas dengan fitur USB. Bagi beberapa pihak, fitur USB OTG mutlak perlu. Kenyataannya, smartphone murah memiliki fitur ini seperti Xperia Mini Pro. Di sisi lain, justru smartphone mahal tidak mensupport fitur ini. Bagi Anda yang hendak membeli smartphone/tablet, perlu untuk berpikir ulang dan cermat memilih. Karena tidak semua smartphone mahal berarti memiliki fitur USB OTG


Demikian Gan Bro.
Smoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar